Mempersiapkan kuliah daring, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang mengadakan pelatihan penggunaan elearning2 dan pembuatan e-book

elerning2

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang mengadakan program pelatihan penggunaan Learning Media Sistem (LMS) elearning2.unp.ac.id dan pembuatan buku elektronik. Program ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi sistem perkuliahan daring (dalam jaringan) atau online yang akan diterapkan di Universitas Negeri Padang pada semester Juli – Desember 2020. Pelatihan ini dilaksanakan pada selama dua hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 10 dan 11 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua  metode yaitu tatap muka (langsung), dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan dari covid19, yang bertempat di Ruang Sidang Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetarhuan Alam Universitas Negeri Padang serta secara online menggunakan platform Zoom. Narasumber pada pelatihan ini adalah staff jurusan fisika yaitu Drs. Akmam, M.Si., Drs. Hufri, M.Si., Rio Anshari, S.Pd., M.Si., serta Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Si. Para narasumber ini telah mengukuti program Training for Trainer yang diadakan oleh Tim dari Universitas. Acara dibuka dan dimoderatori oleh Ketua Jurusan Fisika, Dr. Ratnawulan, M.Si dan juga dihadiri oleh Dekan FMIPA Universitas Negeri Padang, Dr. Yulkifli, M.Si.

WhatsApp Image 2020-07-10 at 08.57.43

WhatsApp Image 2020-07-10 at 10.32.06

Diantara materi pelatihan yang diberikan adalah general seeting pada portal eLearning2, menambahkan video pembelajaran, back up konten matakuliah dari elearning versi 1 ke elearning versi 2, pembuatan absesnsi online, merancang evaluasi pembelajaran serta membuat video conference. Platform eLearning2 memiliki fitur-fitur yang lebih banyak dan lengkap serta memiliki tampilan yang lebih interaktif. Staff pengajar yang sudah dibekali dengan pelatihan akan membuat konten pembelajaran setiap topik dan pertemuan sesuai dengan silabus yang sudah ada. Diharapkan dengan menggunakan platform elearning2 ini, sistem belajar mengajar tidak terhalangi oleh jarak karena efek pandemi covid-19, serta dapat memenuhi target pembelajaran dan pengetahuan mahasiswa.

WhatsApp Image 2020-07-10 at 08.47.32

Pembuatan buku elektronik (e-book) pada pelatihan ini menggunakan aplikasi Sigil. Sigil merupakan salah satu program yang open source yang dapat sesuai dengan berbagai macam sistem operasi. Program ini memudahkan transformasi draft modul atau buku menjadi bahan pembelajaran yang dapat dipublikasikan.

WhatsApp Image 2020-07-11 at 11.05.19

WhatsApp Image 2020-07-11 at 12.07.05