Lomba Fisika dan Open Lab 2015

banner

         Lomba Fisika merupakan event tahunan yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung Jurusan Fisika FMIPA UNP. Acara lomba fisika ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika. Melalui Lomba Fisika ini diharapkan dapat mengasah bakat-bakat dan minat siswa untuk memahami Fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba Fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar Sumbar, Riau dan Jambi pada disiplin ilmu ini.

          Jurusan Fisika sendiri berharap melalui event Lomba Fisika ini dapat melihat sudah sampai dimana tingkat pemahaman para pelajar tentang ilmu Fisika dan sekaligus menggunakan event ini untuk lebih mengingkatkan lagi pemahaman, minat, bakat dan ketertarikan pelajar kita pada ilmu Fisika.

          Pada Hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2015 kemarin ini telah dilaksanakan Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Se-Sumbar, Riau dan Jambi bertempat di GOR UNP. Selain itu, pada momen ini juga dimanfaatkan untuk mengadakan Open Lab pada labor Fisika FMIPA UNP yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan menat dan ketertarikan siswa-siswi kita akan pentingnya mempelajari Fisika bagi perkembangan dan kemajuan bangsa. Berikut sedikit ulasan kegiatan yang telah dilaksanakan.

 

1. Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Se-Sumbar, Riau dan Jambi

          Lomba Fisika terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan (29 Agustus 2015), semifinal (5 September 2015) dan final (6 September 2015). Lomba kali ini mengusung tema :

” Melalui Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Kita Tingkatkan Minat, Kreativitas serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika. “

Lomba diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan pada tanggal 29 Agustus 2015 bertempat di GOR UNP Padang. Acara pembukaan Lomba Fisika tingkat Sumbar, Riau dan Jambi 2015 dihadiri Rektor UNP, Dekan, Wakil Dekan FMIPA, Pimpinan Jurusan, Kepala Diknas Provinsi Sumbar dan Kota Padang.

          Lomba kali ini dihadiri kurang lebih 1500 peserta yaitu 714 orang pada tingkat SMP dan 843 orang tingkat SMA. Setelah Lomba resmi dibuka, kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan tingkat SMP pada paginya dan babak penyisihan SMA di siang harinya. Terlihat siswa dan siswi peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan perlombaan. Hasil babak penyisihan kemudian diumumkan satu hari kemudian dengan 82 siswa SMP dan 74 orang dinyatakan dapat melanjutkan ke babak semifinal sebagai semifinalis. Babak semifinal direncanakan akan diadakan pada hari sabtu, 5 September 2015.

 

 

 

2. Open Lab

          Seiring dengan pelaksanaan Lomba Fisika, pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Open Lab. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada siswa-siswi terutama Lab Fisika yang bertempat di Fakultas MIPA UNP yang diharapakan dapat memunculkan ketertarikan siswa terhadap Fisika. Selain itu yang utama yaitu melalui kegiatan ini siswa-siswa dapat mengamati langsung Laboratorium Fisika UNP dan didampingi mahasiswa pendamping siswa dapat melihat demo ataupun ikut mencobakan beberapa percobaan Fisika yang menarik dan menyenangkan. Dengan pembagian jadwal babak penyisihan Lomba Fisika, dimana SMP pagi hari dan SMA di siang harinya maka pada saat siswa SMP melaksanakan babak penyisihan, siswa SMA yang sudah datang ke UNP diundang untuk menghadiri kegiatan ini, dan begitu pula bagi siswa SMP pada siang harinya.

 

 

 

Semoga pada masa-masa mendatang kegiatan yang membangun seperti ini tetap dapat dilaksanakan dan bahkan diharapkan akan ada bentuk-bentuk kegiatan lainnya yang dapat diadakan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat dan siswa-siswa kita pada penguasaan Fisika yang merupakan tulang punggung kemajuan teknologi bangsa dan dunia.