Lomba Doodle Art Fisika Perguruan Tinggi Tingkat Nasional

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Padang mengadakan Lomba Doodle Art Fisika Perguruan Tinggi tingkat Nasional. Lomba tingkat nasional ini baru pertama kali diadakan, yang tahun-tahun sebelumnya tingkat regional. Lomba Doodle Art tahun 2020 ini mengusung  tema “ Meningkatkan Aksi Nyata Saintis Muda untuk Melahirkan  Mahasiswa yang Kreatif Berkarya di Masa Pandemi Melalui Fisika dan Seni ”. Peserta lomba merupakan mahasiswa Fisika aktif Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di seluruh Indonesia. Lomba ini berlangsung dari 13 Oktober – 8 November 2020.

  Gambar 1. Timeline Kegiatan

Babak penyisihan dilaksanakan pada 13 s.d 31 Oktober  2020, dengan 89 peserta di seluruh Indonesia. 73 peserta tersebar di 4 Provinsi pulau Sumatera, yaitu dari Provinsi Sumatera Barat dengan 63 peserta dari Universitas Negeri Padang, 1 peserta dari UIN Imam Bonjol Padang, 2 peserta dari STKIP PGRI SumBar, dan 2 peserta dari IAIN Batusangkar, Provinsi Riau dengan 2 peserta dari Universitas Riau, Provinsi Bengkulu dengan 1 peserta dari Universitas Bengkulu dan Provinsi Lampung dengan 4 peserta dari Institut Teknologi Sumatera. 13 peserta tersebar di tiga provinsi Pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Barat dengan 4 peserta dari universitas Siliwangi, 1 peserta dari Universitas Padjajaran, 1 peserta dari Institut Teknologi Bandung, Provinsi Jawa Timur dengan 2 peserta dari Universitas Negeri Surabaya,  Provinsi Jawa Tengah  dengan 2 peserta dari Universitas Negeri Semarang, 1 peserta dari Universitas Diponegoro, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 1 peserta dari Universitas Gadjah Mada dan 1 peserta dari Universitas Negeri Yogyakarta. 3 peserta tersebar di 2 Provinsi Pulau Kalimantan yaitu provinsi Kalimantan Selatan dengan 1 peserta dari Universitas lambung Mangkurat, Provinsi Kalimantan Timur dengan 1 peserta dari Universitas Mulawarman, dan 1 peserta dari Institut Teknologi Kalimantan.

 Gambar 2. Peta persebaran Peserta Lomba Doodle Art

Proses penilaian karya babak penyisihan berlangsung pada tanggal 1 – 5 November yang dinilai oleh 3 orang Dewan Juri. Dengan ketua Dewan Juri Ibu Feriska Handayani Irka, S.Pd, M.Si berprofesi sebagai Dosen jurusan Fisika Universitas Andalas, Dewan Juri kedua Bapak Rio Anshari, S.Pd., M.Si. yang berprofesi sebagai dosen Jurusan Fisika UNiversitas Negeri Padang dan dewan juri ketiga Bapak Maulana Khafid Arrohman,S.T.,M.T. yang berprofesi sebagai Asisten Riset Institut Teknologi Bandung.

Pada 6 November 2020 merupakan pengumuman hasil babak penyisihan Lomba Doodle Art Fisika Perguruan Tinggi tingkat Nasional . Jumlah peserta yang lulus pada babak final yaitu 10 orang dari 89 peserta. Peserta babak final yaitu 2 orang peserta dari Institut Teknologi Sumatera, 3 orang peserta dari Universitas Negeri Padang, 1 peserta dari Univeristas Gadjah Mada, 1 orang peserta dari Universitas Surabaya, 1 peserta dari Institut Teknik Kalimantan, 1 peserta dari Universitas Riau dan 1 peserta dari STKIP PGRI Sumatera Barat.

Tanggal 8 November 2020 dilaksanakan babak final Lomba Doodle Art Fisika Perguruan Tinggi tingkat Nasional melalui zoom meeting dan disiarkan live streaming YouTube HIMAFI UNP. Acara pembukaan babak final dihadiri oleh Bapak WR III yang diwakili oleh Staff ahli Bapak WR III, Bapak Dekan FMIPA UNP, Ibu Ketua Jurusan Fisika UNP, Ibu Sektretaris Jurusan Fisika UNP, Ibu Ketua prodi Fisika UNP, Ibu Ketua Prodi STKIP PGRI Sumatera Barat, Dewan Juri, Bapak/Ibu Dosen pembimbing HIMAFI UNP, Bapak / Ibu dosen Jurusan Fisika, Ketua HIMA dari semua peserta babak final, dan ORMAWA selingkungan UNP. Acara pembukaan babak final dipandu oleh Trizeni Adha Mahasiswa Jurusan Fisika UNP.

Pada acara pembukaan babak final ini diawali dengan sambutan dari ketua panitia Trio Junira Fernando, Ketua Jurusan Fisika UNP ibu Dr. Ratnawulan,M.Si, Dekan FMIPA UNP Bpk Dr Yulkifli, M.Si. Selanjutnya acara di buka secara resmi oleh  staff ahli WR III Bapak Drs. Nelvi Erizon, M.Pd. Pada sambutannya bpk WR3 berharap dengan adanya kegiatan ini  peserta bisa mendapatkan pengalaman baru, mengukur kemampuan diri, membangun jiwa sportivitas, mengakui keberadaan orang lain, serta dapat menghasilkan karya – karya terbaik di bidang Fisika. Selain itu kegiatan juga mempererat hubungan sesama mahasiswa fisika se-Indonesia. Kepada peserta bapak mengucapkan selamat berkompetisi dan sukses selalu. Dan kepada panitia Bapak mengucapkan apresiasi atas kerjasamanya dan saling bahu membahu untuk menyukseskan acara ini. Besar haparan bapak agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar sebagaimana semestinya serta kembali diadakan pada tahun berikutnya. Diakhir sambutan bapak berpesan kepada peserta yang belum beruntung  untuk tetap semangat berkarya karna masih banyak kesempatan diwaktu yang akan datang.

Gambar 3. Ketua Panitia, Ibuk Ketua Jurusan Fisika, Bapak Dekan FMIPA UNP, Bapak Staff ahli WR III

Gambar 4. Dewan Juri Lomba Doodle Art

Selama proses pembuatan karya, peserta selalu live di zoom meeting dan juga live streaming youtube HIMAFI sehingga prosesnya dapat diikuti oleh semua yang hadir dan dewan juri

 Gambar 5. Cuplikan pembuatan karya peserta

Setelah proses pembuatan karya peserta, dapat di dewan juri langsung melakukan proses penilaian. Dan hasil pengumuman lomba di umumkan pada jam 13.40 WIB.

 Gambar 6. Pembacaan SK Final oleh Ketua Dewan Juri

Peserta juara 1, 2, 3, 4 , 5 dan 6 memperoleh hadiah berupa Tabanas yang disponsori oleh Universitas Negeri Padang dan e-sertifikat.

Peringkat 1 atas nama Afina Salsabila Syaifullah dari Universitas Gadjah Mada

Peringkat 2 atas nama Heri Dwi Marsanti dari Institut Teknologi Sumatera

Peringkat 3 atas nama Dewi Astuti dari Institut Teknologi Kalimantan

Peringkat 4 atas nama Parman Soleh Siregar dari Universitas Negeri Padang

Peringkat 5 atas nama Lugas Haryo Pradigdo dari Universitas Negeri Surabaya

Peringkat 6 atas nama Silvy Aulia Putri dari Universitas Riau

  Gambar 7. Peserta juara 1,2,3,4,5 dan 6

Setelah penguman Juara dilanjutkan dengan kegitan foto bersama

 Gambar 8. Foto bersama