ICRLP KE-2 DIGELAR DI AUDITORIUM UNP: Ilmu Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0 Perlu dengan Konten Nyata

Padang — Tahun ini, untuk kedua kalinya, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang mendukung Jurusan Fisika menggelar The 2nd International Conference on Research and Learning of Physics (ICRLP) di Audtoirium UNP, Kamis hingga Jumat (8-9/8/2019).

Mengangkat tema Perubahan dalam Penelitian dan Pembelajaran Fisika pada Era Revolusi Industri 4.0 menampilkan pemakalah kunci yakni Prof.Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si dari Institut Teknologi Bandung, Prof. Madya Dr.Shahrul Kadri Ayop dari Universitas Pendidikan Sultan Idris, Ian Harris Sujan, Ph.D dari Republik Politeknik Singapura, dan Prof. Dr. Festiyed, M.S. dari UNP.

Pembukaan ICRLP Tahun 2019 ini berlangsung meriah dengan menampilkan tari pasambahan dan diawali dengan laporan ketua Panitia pelaksana Syafriani, Ph.D, sambutan Dekan FMIPA, Dr. Yulkifli, S, dan Rektor UNP, Prof. Ganefri diwakili oleh Wakil Rektor 2, Ir. Syahril Ph.D didaulat membuka konferensi internasional kedua jurusan Fisika FMIPA UNP ini.

“Hasil-hasil riset di bidang fisika dan pembelajaran fisika harus diimplementasikan dalam bentuk produk yang harus dipatenkan atau di-HAKI-kan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. UNP tengah berupaya untuk menciptakan mitra antarperguruan tinggi di Indonesia dan di dunia internasional,” ujar WR2 Syahril, Ph.D. ketika membuka konferensi internasional ICRLP 2019. Sementara itu Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli mengatakan, selaku pimpinan fakultas yang baru saja diamanahkan kepada dirinya mengapresiasi para pemakalah paralel konferensi ini yang berjumlah sebanyak 205 orang dan dihadiri oleh 300 peserta.

“Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan, inisiatif Jurusan Fisika FMIPA UNP layak diacungkan jempol, apalagi dengan tema Perubahan dalam Penelitian dan Pembelajaran Fisika, tentu akan bermanfaat bagi para peserta untuk sharing,” tegas Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli, M.Si.

Setelah dibuka secara resmi dan coffee break, tampil pertama menyampaikan makalah Prof. Dr. Eng Khairurijal (ITB) dan Prof. Madya, Dr. Syahrul Kadri Ayop. Pada sesi pembicara tamu, Ian Harris Sujae, Ph.D tampil dengan beda. Menurut Ian Harris Sujae Ilmu Fisika dan Matematika adalah dua komponen penting yang digunakan untuk kemajuan umat manusia. Sehingga dalam ilmu yang didalaminya tentang Biomekanik, dua disiplin ilmu itu Matematika dan Fisika dapat membantu dirinya lebih memahami gerak manusia. Bahkan Ian Harris dalam presentasinya dengan gamlang menjelaskan kaitan ilmu fisika dan matematika dari sudut pandang ilmu olahraga, “Intinya Fisika dan Matematika memfasilitasi ahli biomekanik olahraga untuk secara holistik menilai sebab dan akibat objektif guna menghindari coba dan salah,” ujarnya.

Sementara itu, pemakalah tamu lainnya yang tampil adalah Prof. Dr. Festiyed, MS yang mempresentasikan kaitan pembelajaran ilmu fisika di era Revolusi Industri 4.0. Pada perbincangan Ketua Panitia Syafriani menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia, atas kerjasama dengan Prodi S2 Fisika dan Pendidikan Fisika FMIPA UNP terselenggara dengan baik. (Humas UNP)

 

Sumber : http://unp.ac.id/id/conference/icrlp-ke-2-digelar-auditorium-unp-ilmu-fisika-era-revolusi-industri-40-perlu-dengan