Lofi Se-Sumatera 2016 dan Open Lab

 

Padang, 27 Agustus 2016.

Lomba Fisika merupakan event tahunan yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung Jurusan Fisika FMIPA UNP melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fisika. Kegiatan lomba fisika ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika. Melalui Lomba Fisika ini diharapkan dapat mengasah bakat-bakat dan minat siswa untuk memahami Fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba Fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar Se-Sumatera pada disiplin ilmu ini.

Jurusan Fisika sendiri berharap melalui event Lomba Fisika ini dapat melihat sudah sampai dimana tingkat pemahaman para pelajar tentang ilmu Fisika dan sekaligus menggunakan event ini untuk lebih mengingkatkan lagi pemahaman, minat, bakat dan ketertarikan pelajar kita pada ilmu Fisika.

Pada Hari Sabtu, tanggal 27 Agustus 2016 kemarin ini telah dilaksanakan Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera bertempat di GOR UNP. Selain itu, pada momen ini juga dimanfaatkan untuk mengadakan Open Lab yang bertempat di labor Fisika FMIPA UNP yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa-siswi kita akan pentingnya mempelajari Fisika bagi perkembangan dan kemajuan bangsa. Berikut sedikit ulasan kegiatan yang telah dilaksanakan.

1. Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera

Lomba Fisika (LOFI) merupakan program kerja dari Divisi Pendidikan Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika 2016 yang diadakan setiap tahun. Lomba fisika tahun ini secara garis besar mengadopsi teknis pelaksanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun yang berbeda adalah pada lomba fisika tahun sebelumnya diadakan untuk tingkat Sumbar, Riau dan Jambi sedangkan untuk tahun ini tingkat Sumatera. Kemudian tahun sebelumnya hanya ada lomba individu sendangkan pada tahun ini diadakannya lomba individu dan grup. Serta tahun ini juga diadakan lomba media guru dan workshop. Pelaksanaan babak penyisihan dilaksanakan serentak di tiga kota, yaitu Padang, Pekanbaru, dan Jambi.Lomba Fisika terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan (27 Agustus 2016), semifinal (3 September 2016) dan final (4 September 2016). Lomba kali ini mengusung tema :

”Melalui Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera, Kita Tumbuh Kembangkan Literasi Sains dan Jiwa Kompetitif Guna Mewujudkan Generasi Emas Masa Depan.”

Lomba diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan pada tanggal 27 Agustus 2016 bertempat di GOR UNP Padang. Acara pembukaan Lomba Fisika tingkat Sumatera 2016 dihadiri Wakil Rektor III UNP, Dekan, Wakil Dekan FMIPA, Pimpinan Jurusan, Kepala Diknas Provinsi Sumbar dan Kota Padang.

Lomba kali ini dihadiri kurang lebih 1169 peserta yaitu 527 orang pada tingkat SMP dan 642 orang tingkat SMA. Setelah Lomba resmi dibuka, kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan tingkat SMP pada paginya dan babak penyisihan SMA di siang harinya. Terlihat siswa dan siswi peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan perlombaan. Hasil babak penyisihan kemudian diumumkan dua hari kemudian dengan 41 siswa SMP, 59 siswa SMA dan 5 grup tingkat SMA dinyatakan dapat melanjutkan ke babak semifinal sebagai semifinalis, sedangkan untuk tingkat grup SMP tidak ada grup yang lolos ke babak semifinal. Babak semifinal direncanakan akan diadakan pada hari sabtu, 3 September 2016.

 

 

 

2. Open Lab

Seiring dengan pelaksanaan Lomba Fisika, pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Open Lab. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada siswa-siswi terutama Lab Fisika yang bertempat di Fakultas MIPA UNP yang diharapakan dapat memunculkan ketertarikan siswa terhadap Fisika. Selain itu, yang utama yaitu melalui kegiatan ini siswa-siswa dapat mengamati langsung Laboratorium Fisika UNP dan didampingi mahasiswa pendamping dan Laboran, siswa dapat melihat demo ataupun ikut mencobakan beberapa percobaan Fisika yang menarik dan menyenangkan. Dengan pembagian jadwal babak penyisihan Lomba Fisika, dimana SMP pagi hari dan SMA di siang harinya maka pada saat siswa SMP melaksanakan babak penyisihan, siswa SMA yang sudah datang ke UNP diundang untuk menghadiri kegiatan ini, dan begitu pula bagi siswa SMP pada siang harinya.

 

 

 

Semoga pada masa-masa mendatang kegiatan yang membangun seperti ini tetap dapat dilaksanakan dan bahkan diharapkan akan ada bentuk-bentuk kegiatan lainnya yang dapat diadakan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat dan siswa-siswa kita pada penguasaan Fisika yang merupakan tulang punggung kemajuan teknologi bangsa dan dunia.