Monthly Archives: September 2015

Pengumuman Hasil Babak Final LOFI 2015


banner01


Berdasarkan keputusan Dewan Juri Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI telah ditetapkan hasil dari pelaksanaan babak Final Lomba Fisika yaitu sebagai berikut :


 
FRASA SMP
 
 
 
 
PERINGKAT 1             : GABY GRAVIELA N (SMPN 1 PADANG)
PERINGKAT 2             : FADEL RAHMAN (SMPN 1 PADANG)
PERINGKAT 3             : AYUNDA LUTHFIA HAZMAR (SMP ISLAM RAUDHATUL JANNAH)
JUARA HARAPAN 1   : NI’MAH SYAMILA (MTsN  PADANG PANJANG)
JUARA HARAPAN 2  : A. HABIB AULIA RAHMAN (SMPN 5 BATUSANGKAR)
 
JUARA UMUM : SMPN 1 PADANG
JUARA UMUM BERHAK MENDAPATKAN PIALA BERGILIR
 
 


 
FRASA SMA
 
 
 
 
PERINGKAT 1             : RANGGO PATTO (SMAN AGAM CENDIKIA)
PERINGKAT 2             : SYAMSUL RAHMADI (SMAN AGAM CENDIKIA)
PERINGKAT 3             : ILHAMID DARIS (SMAN 1 SUMATERA BARAT)
JUARA HARAPAN 1   : HABLI YAHDI (SMAN AGAM CENDIKIA)
JUARA HARAPAN 2  : THARIQ RAMADHAN (SMAN 1 PADANG PANJANG)
 
JUARA UMUM : SMAN AGAM CENDIKIA
PIALA BERGILIR UNTUK JUARA UMUM TELAH MENJADI PIALA TETAP YANG DIRAIH SMAN AGAM CENDIKIA SETELAH 3 KALI BERTURUT-TURUT MENJADI JUARA UMUM, YAITU TAHUN 2013, 2014, DAN 2015
 
 


Wassalam,
logo lofi
 
 
 
 
 
Panitia Lomba Fisika 2015
 
 


LAMPIRAN


 

SMP

 

 

 File hasil dapat diunduh pada tautan di bawah :

 
TOMBOL FINAL SMP
 
 


 

SMA

 

 

 File hasil dapat diunduh pada tautan di bawah :

 
TOMBOL FINAL SMA
 


 

Pengumuman Hasil Babak Semifinal LOFI 2015


PENGUMUMAN HASIL BABAK SEMIFINAL

LOMBA FISIKA TINGKAT SMA XIX DAN SMP XI SE-SUMBAR, RIAU & JAMBI 2015


Nama-nama peserta yang berdasarkan Surat Keputusan Dewan Juri dinyatakan lolos ke Babak Final dapat dilihat pada lampiran di bawah ini. Bagi peserta yang dinyatakan lolos diharapkan hadir pada pelaksanaan Final Lomba Fisika yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal         : Minggu / 06 September 2015

Tempat                   : Laboratorim Fisika Lt. 1

Registrasi               : 07.30 WIB

Ujian Tertulis         : 08.00 – 10.00 WIB

Ujian Praktikum   : 10.00 – 12.00 WIB

Selamat kepada para peserta dan sampai jumpa di Babak Final ….

 

Wassalam

logo lofi
 
 
 
 
 
 
Panitia Lomba Fisika 2015


LAMPIRAN HASIL BABAK SEMIFINAL :


 

1. Tingkat SMP

 

File hasil dapat diunduh pada tautan di bawah :

tombol semifinal smp

 
 

2. Tingkat SMA

 

File hasil dapat diunduh pada tautan di bawah :

tombol semifinal sma

 


 

Lomba Fisika dan Open Lab 2015

banner

         Lomba Fisika merupakan event tahunan yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung Jurusan Fisika FMIPA UNP. Acara lomba fisika ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika. Melalui Lomba Fisika ini diharapkan dapat mengasah bakat-bakat dan minat siswa untuk memahami Fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba Fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar Sumbar, Riau dan Jambi pada disiplin ilmu ini.

          Jurusan Fisika sendiri berharap melalui event Lomba Fisika ini dapat melihat sudah sampai dimana tingkat pemahaman para pelajar tentang ilmu Fisika dan sekaligus menggunakan event ini untuk lebih mengingkatkan lagi pemahaman, minat, bakat dan ketertarikan pelajar kita pada ilmu Fisika.

          Pada Hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2015 kemarin ini telah dilaksanakan Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Se-Sumbar, Riau dan Jambi bertempat di GOR UNP. Selain itu, pada momen ini juga dimanfaatkan untuk mengadakan Open Lab pada labor Fisika FMIPA UNP yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan menat dan ketertarikan siswa-siswi kita akan pentingnya mempelajari Fisika bagi perkembangan dan kemajuan bangsa. Berikut sedikit ulasan kegiatan yang telah dilaksanakan.

 

1. Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Se-Sumbar, Riau dan Jambi

          Lomba Fisika terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan (29 Agustus 2015), semifinal (5 September 2015) dan final (6 September 2015). Lomba kali ini mengusung tema :

” Melalui Lomba Fisika Tingkat SMA XIX dan SMP XI Kita Tingkatkan Minat, Kreativitas serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika. “

Lomba diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan pada tanggal 29 Agustus 2015 bertempat di GOR UNP Padang. Acara pembukaan Lomba Fisika tingkat Sumbar, Riau dan Jambi 2015 dihadiri Rektor UNP, Dekan, Wakil Dekan FMIPA, Pimpinan Jurusan, Kepala Diknas Provinsi Sumbar dan Kota Padang.

          Lomba kali ini dihadiri kurang lebih 1500 peserta yaitu 714 orang pada tingkat SMP dan 843 orang tingkat SMA. Setelah Lomba resmi dibuka, kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan tingkat SMP pada paginya dan babak penyisihan SMA di siang harinya. Terlihat siswa dan siswi peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan perlombaan. Hasil babak penyisihan kemudian diumumkan satu hari kemudian dengan 82 siswa SMP dan 74 orang dinyatakan dapat melanjutkan ke babak semifinal sebagai semifinalis. Babak semifinal direncanakan akan diadakan pada hari sabtu, 5 September 2015.

 

 

 

2. Open Lab

          Seiring dengan pelaksanaan Lomba Fisika, pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Open Lab. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada siswa-siswi terutama Lab Fisika yang bertempat di Fakultas MIPA UNP yang diharapakan dapat memunculkan ketertarikan siswa terhadap Fisika. Selain itu yang utama yaitu melalui kegiatan ini siswa-siswa dapat mengamati langsung Laboratorium Fisika UNP dan didampingi mahasiswa pendamping siswa dapat melihat demo ataupun ikut mencobakan beberapa percobaan Fisika yang menarik dan menyenangkan. Dengan pembagian jadwal babak penyisihan Lomba Fisika, dimana SMP pagi hari dan SMA di siang harinya maka pada saat siswa SMP melaksanakan babak penyisihan, siswa SMA yang sudah datang ke UNP diundang untuk menghadiri kegiatan ini, dan begitu pula bagi siswa SMP pada siang harinya.

 

 

 

Semoga pada masa-masa mendatang kegiatan yang membangun seperti ini tetap dapat dilaksanakan dan bahkan diharapkan akan ada bentuk-bentuk kegiatan lainnya yang dapat diadakan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat dan siswa-siswa kita pada penguasaan Fisika yang merupakan tulang punggung kemajuan teknologi bangsa dan dunia.