Monthly Archives: March 2015

Hasil Seleksi Mahasiswa Berprestasi

Nama Peserta yang Lulus Seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Jurusan Fisika

1. Mugni Bustari/1201425

2.Kiroomin Barorotin Muji/1201411

3. Bavitra/1101453

Selamat… Semoga berhasil untuk tahap berikutnya

 

Ketua Jurusan Fisika

 

Pengumuman

Seleksi peserta ON-MIPA Fisika tingkat UNP akan dilakukan pada Jumat 20 Maret 2015 jam 09.00 s/d 12.00 WIB. Mahasiswa Jurusan Fisika yang berminat silakan mendaftar ke kantor Jurusan Fisika.

Demikian untuk dimaklumi. Terima kasih

NEWTON TIDAK PENEMU GRAVITASI (Bagian II)

NEWTON TIDAK PENEMU GRAVITASI
(Bagian II)
(Letmi Dwiridal, Staf Pengajar Jurusan Fisika FMIPA UNP)

Apabila kita baca dan perhatikan hampir semua buku bacaan fisika, buku teks fisika, modul fisika dan sumber pembelajaran fisika di sekolah bertuliskan gambar dan cerita tentang konsep awal gravitasi dengan cerita jatuhnya buah apel. Pada buku-buku sumber pembelajaran tersebut, uraian tentang gravitasi dijelaskan dengan menggambarkan melalui cerita bahwa Newton sebelum menuliskan hukumnya tentang gravitasi duduk bermenung dibawah pohon apel kemudian melihat buah apel jatuh. Dengan menyaksikan peristiwa jatuhnya buah apel, Newton seolah-olah mendapat inspirasi tentang konsep tentang gravitasi dan hukum gravitasi, Apakah memang begitu kejadian sebenarnya…? Semuanya perlu tanda tanya besar..? dan perlu dipertannyakan.?.
Cerita tersebut dapat kita posisikan kepada cerita bohong atau tidak, dengan menalar pemikiran yang terdapat pada peristiwa tersebut. Dalam pembelajaran sekarang (sains fisika) memang siswa dan mahasiswa diajak untuk berfikir kritis tentang sesuatu fakta dengan nalar yang tinggi. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan jawaban kita akan mengarahkan kemana arah pemikiran kita tentang cerita jatuhnya apel Newton. Walaupun pada fakta yang sebenarnya cerita apel jatuh itu adalah cerita bohong yang direkayasa oleh Voltaire. Akan tetapi pertanyaan nalar ini hanya sekedar untuk memperkuat kenyakinan kita terhadap kebohongan cerita tersebut.