Category Archives: News

Hasil Babak Semifinal Lomba Fisika Tahun 2017

Hasil Babak Semifinal

Lomba Fisika Tahun 2017



1. PESERTA YANG LOLOS KE BABAK FINAL TINGKAT SMP


 

 LIHAT LEBIH BESAR

DOWNLOAD

 

 


 

2. PESERTA YANG LOLOS KE BABAK FINAL TINGKAT SMA


 

 LIHAT LEBIH BESAR

 DOWNLOAD

 


 

 

 

Hasil Babak Penyisihan Lomba Fisika Tahun 2017

Hasil Babak Penyisihan

Lomba Fisika Tahun 2017

** ========================================================================= **

1. PESERTA YANG LOLOS KE BABAK SEMIFINAL TINGKAT SMP

 LIHAT LEBIH BESAR

DOWNLOAD

 

 

2. PESERTA YANG LOLOS KE BABAK SEMIFINAL TINGKAT SMA

 LIHAT LEBIH BESAR

 DOWNLOAD

 

3. PESERTA YANG LOLOS PENYISIHAN LOMBA DOODLE

 LIHAT LEBIH BESAR

 DOWNLOAD

 

 

 

 

Ucapan Selamat

Kaprodi berprestasi 2017

Pembukaan Fisika Cup 2016

Pembukaan Fisika Cup 2016

 

“Think Creatively, Act Sportively And Do It Actively”

To Make a New Glory In Our Physics

 

 

Padang, 23 September 2016

Fisika cup merupakan sebuah event tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika yang diselenggarakan untuk mempererat silaturahmi antar civitas akademika terutama civitas akademika Jurusan Fisika. Hal itu dikarenakan pada Fisika Cup setiap elemen diharuskan mengirimkan perwakilan pada setiap cabang perlombaan untuk dapat saling berkompetisi memperebutkan posisi puncak turnamen. Elemen-elemen yang ikut berpatisipasi dalam ajang ini tidak saja dari seluruh mahasiswa tiap angkatan, namun juga dari Staf Pengajar, Laboran dan Alumni. Dengan terlibatnya semua elemen yang ada di Jurusan Fisika, diharapkan dapat terbentuknya silaturahmi yang erat.

Selain mempererat silaturahmi, event ini juga bertujuan memberikan wadah bagi seluruh civitas akademik Jurusan Fisika untuk dapat menyalurkan minat dan bakat yang dimilikinya. Cabang yang diperlombakan juga bervariasi, meliputi Lomba Master Chef, Badminton, MTQ,  Speech Contest, PKM GT, Volley Ball, Futsal, Catur, Tenis Meja, Domino, Rangking 1, Solo Song, Vocal Grup, Tari, MFQ, Khutbah, Basket, Takraw, dsb. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk menyaring bakat-bakat terpendam mahasiswa yang dapat dijadikan kader untuk dibina dan nantinya dapat menjadi perwakilan Jurusan Fisika untuk berlaga di ajang yang lebih tinggi, baik ditingkat regional, nasional maupun internasional.

Pada hari Jumat tanggal 23 September 2016, kegiatan ini resmi dibuka. Event ini direncanakan akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan yaitu 23 September 2016 – 22 Oktober 2016. Hadir dalam acara pembukaan yaitu Dekan FMIPA UNP yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Wakil Dekan III FMIPA UNP, Bapak Dr. Hardeli, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Ketua Jurusan Fisik,a Ibu Dr. Hj. Ratnawulan, M.Si, Sekretaris Jurusan Fisika, Bapak Yohandri, M.Si, Ph.D, Ketua Prodi Fisika, Ibu Syafriani, M.Si, Ph.D, Staff pengajar Jurusan Fisika, Laboran, panitia penyelenggara dan seluruh mahasiswa peserta Fisika Cup 2016.

 

 

Acara pembukaan diakhiri dengan pelepas balon yang dilakukan secara bersama oleh panitia, ketua Jurusan Fisika dan Wakili Dekan III FMIPA UNP. Semoga kegiatan yang diadakan sukses dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai hendaknya.

Lofi Se-Sumatera 2016 dan Open Lab

 

Padang, 27 Agustus 2016.

Lomba Fisika merupakan event tahunan yang sudah merupakan agenda rutin yang diusung Jurusan Fisika FMIPA UNP melalui Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fisika. Kegiatan lomba fisika ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam ilmu fisika. Melalui Lomba Fisika ini diharapkan dapat mengasah bakat-bakat dan minat siswa untuk memahami Fisika lebih mendalam. Selain itu diharapkan juga dengan adanya lomba Fisika ini dapat meningkatkan ketertarikan siswa-siswi dan pelajar Se-Sumatera pada disiplin ilmu ini.

Jurusan Fisika sendiri berharap melalui event Lomba Fisika ini dapat melihat sudah sampai dimana tingkat pemahaman para pelajar tentang ilmu Fisika dan sekaligus menggunakan event ini untuk lebih mengingkatkan lagi pemahaman, minat, bakat dan ketertarikan pelajar kita pada ilmu Fisika.

Pada Hari Sabtu, tanggal 27 Agustus 2016 kemarin ini telah dilaksanakan Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera bertempat di GOR UNP. Selain itu, pada momen ini juga dimanfaatkan untuk mengadakan Open Lab yang bertempat di labor Fisika FMIPA UNP yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa-siswi kita akan pentingnya mempelajari Fisika bagi perkembangan dan kemajuan bangsa. Berikut sedikit ulasan kegiatan yang telah dilaksanakan.

1. Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera

Lomba Fisika (LOFI) merupakan program kerja dari Divisi Pendidikan Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika 2016 yang diadakan setiap tahun. Lomba fisika tahun ini secara garis besar mengadopsi teknis pelaksanaan dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun yang berbeda adalah pada lomba fisika tahun sebelumnya diadakan untuk tingkat Sumbar, Riau dan Jambi sedangkan untuk tahun ini tingkat Sumatera. Kemudian tahun sebelumnya hanya ada lomba individu sendangkan pada tahun ini diadakannya lomba individu dan grup. Serta tahun ini juga diadakan lomba media guru dan workshop. Pelaksanaan babak penyisihan dilaksanakan serentak di tiga kota, yaitu Padang, Pekanbaru, dan Jambi.Lomba Fisika terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan (27 Agustus 2016), semifinal (3 September 2016) dan final (4 September 2016). Lomba kali ini mengusung tema :

”Melalui Lomba Fisika Tingkat SMA XX dan SMP XII Se-Sumatera, Kita Tumbuh Kembangkan Literasi Sains dan Jiwa Kompetitif Guna Mewujudkan Generasi Emas Masa Depan.”

Lomba diawali terlebih dahulu dengan acara pembukaan pada tanggal 27 Agustus 2016 bertempat di GOR UNP Padang. Acara pembukaan Lomba Fisika tingkat Sumatera 2016 dihadiri Wakil Rektor III UNP, Dekan, Wakil Dekan FMIPA, Pimpinan Jurusan, Kepala Diknas Provinsi Sumbar dan Kota Padang.

Lomba kali ini dihadiri kurang lebih 1169 peserta yaitu 527 orang pada tingkat SMP dan 642 orang tingkat SMA. Setelah Lomba resmi dibuka, kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan tingkat SMP pada paginya dan babak penyisihan SMA di siang harinya. Terlihat siswa dan siswi peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan perlombaan. Hasil babak penyisihan kemudian diumumkan dua hari kemudian dengan 41 siswa SMP, 59 siswa SMA dan 5 grup tingkat SMA dinyatakan dapat melanjutkan ke babak semifinal sebagai semifinalis, sedangkan untuk tingkat grup SMP tidak ada grup yang lolos ke babak semifinal. Babak semifinal direncanakan akan diadakan pada hari sabtu, 3 September 2016.

 

 

 

2. Open Lab

Seiring dengan pelaksanaan Lomba Fisika, pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Open Lab. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada siswa-siswi terutama Lab Fisika yang bertempat di Fakultas MIPA UNP yang diharapakan dapat memunculkan ketertarikan siswa terhadap Fisika. Selain itu, yang utama yaitu melalui kegiatan ini siswa-siswa dapat mengamati langsung Laboratorium Fisika UNP dan didampingi mahasiswa pendamping dan Laboran, siswa dapat melihat demo ataupun ikut mencobakan beberapa percobaan Fisika yang menarik dan menyenangkan. Dengan pembagian jadwal babak penyisihan Lomba Fisika, dimana SMP pagi hari dan SMA di siang harinya maka pada saat siswa SMP melaksanakan babak penyisihan, siswa SMA yang sudah datang ke UNP diundang untuk menghadiri kegiatan ini, dan begitu pula bagi siswa SMP pada siang harinya.

 

 

 

Semoga pada masa-masa mendatang kegiatan yang membangun seperti ini tetap dapat dilaksanakan dan bahkan diharapkan akan ada bentuk-bentuk kegiatan lainnya yang dapat diadakan untuk lebih meningkatkan animo masyarakat dan siswa-siswa kita pada penguasaan Fisika yang merupakan tulang punggung kemajuan teknologi bangsa dan dunia.

Mahasiwa Jurusan Fisika

Selamat kepada mahasiswa Jurusan Fisika, yang berhasil meraih Dana Kompetisi dari DP3M Dikti dalam rangka kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun  anggaran 2014.  6 Tim Mahasiswa berhasil memenangkan kompetisi dari 44 pemenang dari UNP Padang.  16 Tim untuk FMIPA UNP. Ucapan selamat kepada

1. Izel Pinata Putri  dkk + Yohandri, M.Si,Ph.D sebagai pembimbing

2. Elfi Yulianti dkk + Zulhendri Kamus, S.Pd, M.Si sebagai pembimbing

3. Husnuli Karim, dkk + Yohandri,M.Si, Ph.D sebabagi pembimbing

4. Hayyu Yumma, dkk +  Bapak/Ibu  …..  sebagai pembimbing

5. Basra Kurniawan, dkk + Drs. Akmam , M.Si sebegai Pembimbing

6. Irepia Refa Dona, dkk +Drs. Akmam , M.Si sebegai Pembimbing

Ucapan selamat juga untuk mahasiswa yang berprestasi lainnya, yang belum sempat di publish pada tulisan ini

Kami mengharapkan tingkatan prestasi untui mencapai cita-citi

ttt Ketua Jurusan Fisika

Akmam

Undangan Rapat

No : 103/UN35.1.1.4/TU/2014

Hal  : Undangan

 

Kepada Yth : Bapak/Ibu Staf Pengajar Jurusan Fisika

FMIPA UNP Padang

Bersama ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu pada:
Hari/Tanggal    : Jumat/07 Feberuari 2014

Jam                       : 09.00  WIB – selesai

Tempat               : Ruang Sidang Jurusan Fisika

Acara                 : 1. Evaluasi pelaksanaan Perkuliahan Minggu I Semester Januari-Juni 2014

2. Indentifikasi Kebutuhan Bahan Praktikum Jurusan Fisika

3. Dan lain-lain

Demikianlah undangan ini kami sampaikan atas kehadiran Bapak/Ibu tepat pada waktunya, kami ucapkan terima kasih

Ketua Jurusan Fisika

Akmam

Peneliti Jurusan Fisika

Ucapan Selamat

Ketua Jurusan Fisika mengucapkan selamat kepada staf pengajar Jurusan Fisika yang proposalnya dinyatakan lolos dan layak didanai dengan dana BOPTN tahun anggaran 2014 oleh SK Rektor UNP Padang No. 289/UN.35/KP/2013, tanggal 20 Desember 2013, semoga Bapak/Ibu peneliti dapat menghasil produk penelitian sesuai dengan harapan kita semua

A. Skema Hibah Bersaing:
1. Drs. Asrizal, M.Si , dkk

2. Pakhrur Razi, S.Pd, M.Si, dkk

3. Dr. Hj. Djusmaini Djamas, M.Si, dkk

4. Dra. Hj. Yenni Darvina, M.Si, dkk

5. Dra. Syakbaniah, M.Si, dkk

6. Fatni Mufit, S.Pd, M.Si, dkk

7. Drs. Akmam, M.Si, dkk

B. Skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi

1. Dr.Hj. Ratna Wulan, M.Si, dkk

C. Skema Penelitian Tim Pasca Sarjana

1. Dr. H. Ahmad Fauzi, M.Si, dkk

2. Dr. Hamdi, M.Si, dkk

Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Peneliti yang telah berkerja keras, meningkatka citra Juursan Fisika.  Selamat bekerja, semoga tetap sukses

Tertanda Ketua Jurusan Fisika

Akmam